Senin, 30 Juli 2012

Google Student Ambassador 2012!


Hallo semuanya! wah ini blog udah berlumut banget ya gara-gara udah lama banget ga di update. Oke sekarang gue dateng lagi nih dan sekarang gue mau nyeritain pengalaman gue beberapa bulan ke belakang sebagai Google Student Ambassador. Hah? Apaan tuh Google Student Ambassador? Tenang, tenang, gue bakal cerita yang lengkap disini *sok asik maksimal*

Oh iya, sebelumnya gue mau agak curcol dikit kenapa gue ceritanya disini pake Bahasa Indonesia. Jadi emang udah banyak Google Student Ambassador (GSA) yang nulis di blog mereka tentang pengalaman mereka, dan rata-rata pake English gitu. Nah gue tadi sebenernya udah nulis sekitar 4 paragraf pake English tapi entah kenapa pas gue baca jadi kayak sok cheerful dan engga gue banget -____- jadi yaudah deh pake Bahasa Indonesia aja. Lagian kayak ada aja yang baca aja nih blog, ntar udah sok English sekalinya yang baca cuma diri sendiri :’) *kesian* trus kegiatan Google Ambassadornya udah lewat hampir sebulan dan gue baru update sekarang Ya Allah, maaf ya saya pemalas B-)

Sip, gue mulai aja ya ceritanya gimana gue bisa jadi Google Student Ambassador dan pengalaman gue di Google Ambassador Summit 10-12 Juli kemaren di Singapore J

Sebelum gue mulai cerita gue, gue mau ceritain dulu tentang apa sih sebenernya Google Student Ambassador (GSA) itu?



Jadi, GSA adalah duta dari Google yang intinya dipilih untuk menyebarkan tentang pemanfaatan Google products untuk dunia pendidikan dan diharapkan bisa menjadi penghubung antara kampus dan Google untuk menjalin hubungan lebih baik. GSA diharapkan juga bisa menyebarkan Google-spirit ke kampus melalui kegiatan-kegiatan kedepannya ;) GSA jumlahnya sekitar 1000++ di seluruh dunia dan yang gue ikutin sekarang adalah kegiatan GSA untuk South East Asia.

“Gimana ceritanya bisa jadi GSA?”


Oke, cerita awalnya gue bisa jadi GSA ini adalah karena adanya pengumuman di SceLe (situs e-learning di fakultas gue) tentang adanya rekruitmen Google Student Ambassador. Syaratnya waktu itu kira-kira :

-          Aktif di organisasi

-          Dapat berkomunikasi dengan baik dalam Bahasa Inggris

-          Mempunyai jiwa kepemimpinan

-          Mengirim form aplikasi Google Ambassador ke pihak Google

-          Mempunyai passion dalam teknologi (ah well, okay)

-          Dsb

Gue lupa rincinya tapi kira-kira gitulah ya. Gue yang langsung mupeng liatnya, secara gitu ya Google! Perusahaan impian sejuta umat banget kayaknya buat bisa jadi bagian dari dia. Trus waktu itu waktu apply-nya lumayan panjang gitu, dan gue terus-terusan menunda-nunda waktu daftar karena di form aplikasinya itu ada sekitar 3 essay singkat dalam Bahasa Inggris yang harus dibikin. Essay itu diantaranya tentang motivasi jadi Google Student Ambassaor, di kampus kegiatan yang bisa “dimasuki” sama Google menurut kita apa aja sama apa ya satu lagi lupa -____- kalo ga salah sih ceritain apa yang akan kita lakukan ke depan kalo kepilih jadi GSA. Trus juga ada field buat ngisi pengalaman berorganisasi dan juga ada field IPK hahahaha. Singkat cerita, setelah nunda sekian lama gue pun apply juga. Dengan kemampuan cotty gue pun akhirnya form itu di submit ke Google.

Jujur, pasca submit itu form gue bahkan hampir lupa kalo gue pernah apply sebagai GSA soalnya emang dari awal gue kan modal iseng. Ga ngarep macem-macem kan. Eh trus 1 bulan kemudian ada temen gue yang GSA juga ngepost di grup angkatan bilang

“Ada yang dapat email dari Google soal seleksi lanjutan GSA?”

Trus pas dia ngepost itu gue ngecek Gmail gue dan ga ada apa-apa  L sedih lah gue pada saat itu. Walau modal iseng-iseng tapi tetep kecewa lah ya pastinya. 3 hari setelah post itu gue baca, eh tiba-tiba BB gue kedap-kedip ehhhh ternyata ada email dari Google! Yang menyatakan bahwa gue diminta segera mengisi data seleksi lanjutan itu karena di email sebelumnya gue dinyatakan belum ngisi data. Padahal email sebelumnya gue gadapeeeeeet. Alhamdulillah namanya rejeki yaah, ada email panggilan kedua dan dengan riang gembira gue isi form itu dan pas di field nomor passport gue bilang gue lagi ngurus passport padahal gue belom ngurus dan gue ga punya passport dong hahaha :]

2 minggu kemudian gue dapet email lagi dari Google!!! Perwakilan Google yang bernama Minty Cai yang kirim email. Anyway, I love Minty! Soalnya dia selalu membawa kabar-kabar baik bagi gue dan GSA lainnya hehehe <3 Email tersebut menyatakan bahwa gue kepilih sebagai GSA :’D waktu itu senengnya ga ngerti lagi deh. Gue bangun tidur baca email gituan dan langsung lompat-lompat di kamar dan langsung nelfon emak gue yang juga seneng banget dong pastinya hohoho.

Trus pas tau kalo semua biaya ditanggung Google gue langsung guling-guling kegirangan di kasur *ini serius* Langsung deh besokannya gue urus passport yang ternyata ribet banget karena gue gapake calo dan kantor imigrasi Depok yang rebek banget lokasinya di pedalaman hufffffft.

Singkat cerita lagi, gue pun akhirnya mendapatkan kode booking tiket gue. Dan gue mendapati bahwa gue dan GSA lain dibiayain untuk terbang dengan Singapore Airlines! Woohooooo~ ga terbayangkan banget naik maskapai mahal gitu, padahal ekspektasinya bakal naik Air Asia harga promo hakakakak. Trus dikasih tau nama hotelnya yang ribet abis yaitu “Grand Copthorne Waterfront Hotel” yang ternyata hotel bintang 5 dan pas stalking tarif per malemnya gue langsung ngakak-ngakak ga jelas gitu. Hmm oke kayaknya ini banyakan cerita curhat gue ya hahaha :p

Day 1 (10 Juli 2012)

Oke lanjut! Jadi tanggal 10 Juli 2012, gue pun berangkat ke Singapore bersama GSA lain dari Indonesia. Anyway dari kampus gue (Universitas Indonesia), GSA Indonesia nya paling banyak loh 7 orang B-) Flight yang super pagi (jam 7.45) dengan dianter Mama Papa ke bandara pun berlanjut dengan sampainya gue dan GSA lain sekitar jam 10an.
entah kenapa gue merasa harus banget ngepost foto makanan di pesawat :p
foto pertama di Spore (Changi Airport) bareng Cendol

Masih dengan euphoria norak ngeliat Changi Airport yang super keren, ternyata diluar kita udah ditunggu sama Event Organizer kita yang super cantik dan baik (dan dia orang Indonesia), Tinaga Angkasa!!! Dia nunggu bareng tim-nya, Hani, Andy dan Fad. Mereka super baek dan friendly, kesan pertama yang amat sangat menyenangkan di Singapore J
Sebagian GSA Indonesia + Hani + Fad + Andy (Tinaga yang fotoin)


Setelah beberapa jam nunggu di bandara, akhirnya kita dibawa pake bus ke hotel kita.

1st sight Singapore

Pas ngeliat hotelnya, gue ZONK. Keren banget itu hotel ternyata dan THANKS GOD gue sekamar sama Ocha, anak IT Telkom yang berhijab juga jadinya kompak deh sesama ukhti o:) hehehe kamar kita nomer 1711 di lantai 17. Pas masuk kamar makin ngangap, bakal nyenyak deh tidur gue 2 hari ke depan yuhuuuu~




pemandangan dari kamar hotel

bagian depan hotel

Gue dan Ocha pun menikmati euphoria kamar dan Ocha beres-beres pakaian dan gue dengan pewe-nya KETIDURAN!!! Iya bego banget emang, sempet-sempetnya gue ketiduran -___- tiba-tiba Ocha bangunin dan bilang udah jam 3 lewat, kita siap-siap dan pas ke bawah ternyata.............................. KRIK sepi banget. GSA yang sesi 1 (sesi yang barengan sama gue datengnya tadi) udah berangkat ke kantor Google. Ternyata kita disuruh ngumpul jam 2.30 dan gue sama Ocha ga ada yang ngeh. Dan akhirnya kita nunggu lumayan lama buat berangkat bareng GSA yang sesi 2.

Trus udah deh gue berangkat juga ke kantor Google. Acara kita ada di lantai 29 dan gue sama GSA nyasar ke lantai 30 tapi malah jadi bisa foto-foto di kantor Google yang ada logo gede Google nya gitu. Gue foto-foto deh dengan berbinar-binar.


Setelah itu, kita ke lantai 29 dan acara pun dimulai :D

Materi 1 : Being a GSA and Event Planning
Ini materi pertama dengan pembicara Miriam Schneider dari Google. Disini dia menjelaskan tentang GSA, tugasnya ngapain aja. Gambaran umum GSA dan dibilang kalo kita semua dapetin masing-masing 1 tas Gmail yang merupakan brand khas GSA seluruh dunia sejumlah 1000++ GSA. Tas ini ga diproduksi massal dan hanya dimiliki oleh GSA aja. Proud! :D
penampakan depan

penampakan belakang

Pasca dapet penjelasan yang amat sangat sangat fun dari Miriam, gue pun makin seneng dan ngerasa mantep buat ngejalanin tugas sebagai GSA ini kedepannya. Semoga dilancarkaaan J

Setelah sesi tadi, ada beberapa game gitu buat ice breaking. Seru sih nambah temen dari negara lain. Anyway, GSA ini berasal dari 5 negara di South East Asia yaitu Indonesia, Malaysia, Singapore, Filipina dan Thailand. Kita jumlahnya 120 orang dan kata temen gue yang dari Filipina, applicants untuk program ini sekitar 1000 orang :O

Setelah game-game tadi, akhirnya sampe sesi  yang paling gue tunggu-tunggu. MAKAAAAAAAAAAAAAAN! Sumpah laper banget emang soalnya pas lunch cuma dikasih double cheeseburger gitu, perut gue mana kuat dikasih gituan doang yak :] pas ngeliat makanan yang tersedia, air liur gue tumpah. Bener-bener all you can eat dan itu kulkas minumannya kayak di Alfamart deh semuanya bebas ambil. Emang enak bener ya karyawan Google :’D trus, Tinaga kasih tau kalo di Google Ambassador Summit ini, event yang dia organisir ini mengangkat tema “Food, Food and Food!”

.............

.........................

.......................................


Padahal baru kemarennya gue niat mau diet, tapi kenapa cobaan begitu kuat ya Guys :’) tapi yasudah nikmati saja makanan-makanan ini. Ada macem-macem deh, tapi paling menggugah tuh pizza-nya deh kayak ga abis-abis hahahaha.

cobaan hidup

ini super enak!

party mania (?)


Oh iya, di dinner ini semua GSA pake baju khas negara masing-masing. Unik-unik deh baju-bajunya, GSA Indonesia sih rata-rata pake batik dan ada juga yang pake kebaya J Pasca makan malam, kita diminta untuk membuat tim yang kedepannya akan membentuk project yang direncanakan bisa kita laksanakan kedepannya. Setiap tim harus terdiri dari perwakilan tiap negara, 1 tim isinya 12 orang. Tim gue terdiri dari :
atas (left to right) : Johan, Moo
tengah (left to right) : Audrey, Adit, Queenie, Cendol, Irfan, Rama, Minty
bawah (left to right) : Nila kyeopta, Mix, Pat, Laila

 dan kita ngasih nama tim kita DAEBAK!!!

Setelah diskusi kecil, acara pun kelar dan kita balik deh ke hotel. Dan bener prediksi gue, gue tidur dengan nyenyak. Banget.

Day 2 (11 Juli 2012)

Kegiatan hari kedua lebih padat dari hari pertama karena bakal banyak banget materi yang disampaikan. SEMANGAT!

Materi 1 : "Retreat Welcome, Opening Remarks Google and Southeast Asia: Insights & Perspectives "
Materi ini dibawakan oleh Loren Shuster. Di materi ini kita diberikan penjelasan tentang Google dan pengaruhnya di dunia terutama di South East Asia. Yang sangat gue suka dari cara menyampaikan materi adalah mereka menyampaikan materi dengan elegan dan ga sombong. Padahal kita tau kan betapa hebatnya Google saat ini, tapi ga ada tuh songong-songongnya mereka sama sekali. Thumbs up banget! Di materi ini membuka mata gue tentang Google dan produknya yang udah ga ngerti lagi deh kerennya! :D


Materi 2 : Google Culture

Materi yang disampaikan oleh Cheryl Tang ini intinya menyampaikan tentang budaya dan style nya Google. Sebagai GSA, tentunya kita menyandang nama besar Google dan ada hal-hal yang boleh dan ga boleh kita lakukan dong. Nah disini kita dikasih tau list Dos dan Donts nya niiiih hehehe. Ternyata Google punya standar yang tinggi banget banget banget buat produk mereka, pantesan kerennya ga ketanjak. Makin ngangap deh gue!

Materi 3 : Google Apps for Edu & Supporting Programs

Materi yang disampaikan oleh Suan Yeo dan Miriam (lagi) ini sesuai sama kayak judulnya ya lah. Intinya pemanfaatan Google products untuk pendidikan. Eh tapi karena gue kuliahnya udah berbasis IT, pemanfaatan Google products yang disampaikan udah cukup banyak yang kita lakuin B-)

Materi 4 & 5 : Chrome dan Chromebook

Materi ini dibawakan oleh Vasanth Raju dan Suan Yeo. Gue terkesima banget pas dikasih video tentang cepetnya Chrome dan kita dikasih pinjem Chromebook. Hiks kirain boleh dibawa balik :p ternyata dipinjemin doang. Tapi gue sama Cendol malah foto-foto sama Chromebook nya bukannya coba pake huhu maap deh alay :’)
senyum pencitraan


Materi 6 : Google Places and Google Maps

Disampaikan dengan sangat baik oleh Andrew McGlinchey, gue pun jadi tau fitur Google Places dan Google Maps yang selama ini gue gatau. Dan ternyata UI udah punya tim loh buat memetakan UI secara 3D, bangga dong gue B-) makanya UI modelnya di Google Earth udah cakep hehehe. Dan sejak dapet materi ini, gue jadi lebih sering dan jago pake Google Maps duooongs.


Materi 7 : Developer Relations/ Life of a Google Engineer

Disini ada sharing gitu dari pekerja Google dan dari Google intern juga. Gaya mereka asik-asik banget. pada pake kaos, celana pendek, sneakers. Dan mukanya seneng-seneng beneeeeer. Mupeng banget deh pokoknya. Intinya mereka SENENG BANGET jadi bagian dari Google uuuuuuu :')

Materi 8 : Talking to Media: Basics of PR

Disampaikan oleh Sana Rahman yang firasat gue adalah orang Indonesia. Materi ini merupakan materi yang gue tunggu-tunggu! Secara ini materi gue bangeeeeeeeeeeeet, impian dan passion dari dada hahaha. Gue semangat banget dengerin materi ini. Materi ini menyampaikan hal-hal yang harus diperhatikan oleh GSA sebagai duta Google kepada media. Apa yang harus dan seharusnya kita lakukan. Super interesting!



Materi 9 : Marketing

Another session yang gue tunggu-tunggu, dibawakan oleh Rebecca dan gue menyadari betapa kerennya strategi marketing Google. Jadi makin cintaaaaaaaaaaaaah <3


Materi 10 : Building Communities + g|days

Sudah sangat tergambarkan dari judul yah :p Materi yang dibawakan oleh Aileen Apollo ini intinya menyampaikan tentang komunitas yang bisa kita bangun dengan Google dan menceritakan suksesnya g | days di negara-negara lain. Semoga di Indonesia bisa segera dilaksanakan. Aamin J



Setelah hari yang cukup melelahkan, akhirnya kita diajak jalan-jalaaaaan! Yuhuuuu~ Para GSA diajak ke Marina Bay Sand dan kita langsung foto-foto deh.
all SEA-GSAs!

Trus diajak tour Singapore River pake perahu gitu. Hmm tapi biasa aja sih, rasanya sama aja kayak naik perahu di Sungai Batanghari, Jambi (mendadak kangen kampung halaman) trus di perahu bukannya menikmati pemandangan, tapi gue sama GSA yang lain malah buka sesi gosip dan penggalauan (oke sip, gausah dilanjutkan) dan setelah ini gue ngerasa gue dan beberapa GSA lain jadi lebih deket. Emang ye, gosip tuh pemersatu antar bangsa banget huehehehe.
penikmat sesi gosip di perahu :3


Setelah tour Singapore River yang “biasa aja” itu, akhirnya semua GSA dibawa buat makaaaaaan! Di rundown sih judulnya Singapore Delight Dinner. Nyaaams. Gue dan GSA Indonesia lain yang Muslim duduk semeja karena kita makannya halal kan jadinya makannya bakal dianterin. Trus makannya sup tomyam dan nasi kuning gitu sama lelaukannya. Trus gue mupeng liat yang lain makannya steak, pastaaaaa!!! Gapapa kok ikhlas, Ya Allah :* (gausah di post deh ya foto makanannya)

Trus di dinner ini, GSA Indonesia jadi deket sama Hani, salah satu LO kita. Hani baik banget dan bisa Bahasa Indonesia dan langsung deh Hani kita jejelin gosip-gosip terkini di kalangan GSA. Hehehehehe.
thanks for the photo Hani <3

Abis makan kita pulang dan karena kita gapunya kesempatan buat jalan-jalan lagi, akhirnya kita (gue dan beberapa GSA Indonesia) nekat deh buat jalan ke Mustafa Center. Kalo di Jakarta kayak sejenis Mangga Dua kali ya, tapi lebih rapih tentunya. Kita naik taksi dan supir taksi nya pernah tinggal di Indonesia dan dia cerita soal Indonesia. Dia bilang “paling enak lah tinggal di Indonesia, orangnya baik dan salary pun bagus lah” hehehehehe Indonesiaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa :*


Pulang sekitar jam 12an lanjut dengan sesi gosip dengan Cendol dan lalu tidur~

Day 3 (12 Juli 2012)

Wah ga kerasa banget udah hari terakhir dan gue packing deh. Cuma masih ada sesi materi sampe jam 1 dan masih ada presentasi final project dari masing-masing tim.

Materi 1 : YouTube

Yah intinya eksplorasi Youtube dan pemanfaatan Youtube buat pendidikan xixixi. Selama ini taunya Youtube buat nonton MV + korea doang.
Alhamdulillah dapet pengetahuan lebih ;)

Materi 2 : Google+

Ini nih salah 1 materi favorit gue. Ternyata Google+ keren banget dan super powerfull!!! Ayo deh yang belom punya atau belom aktif pake Google+, pake yuk. Google+ punya berbagai fitur mulai dari Google+ Hangout, semacam video call dan seru banget kalo dilakuin rame-rame. Trus ada grup dan kalender event yang super keren. Sharing info juga lebih asik karena rata-rata yang pake G+ pasti pada share pengetahuan menarik dan seru ga cuma share link handphone murah :p upload foto via G+ juga seru abis. Face recognitionnya keren banget. Wuuuuh kagum deh! Maksimaaaaal <3

Last session : Presentation

Di sesi ini ada 10 tim yang presentasi final project dan semuanya kereeeeeeeeeeeeeeeeeen! Tim gue sendiri (Daebak Team) menawarkan 2 event yaitu Mini Seminar tentang Google Search, intinya mengeksplorasi Google Search untuk memudahkan kita J trus yang satu lagi kita bikim event gede yang didalamnya ada Google Race (kayak Running Man tapi memanfaatkan Google Products) trus ada stage music yang gede dan ada streaming via G+ hangout hehe seneng sama presentasi ini walau ga menang tapi seneeeeeeeeeeeeng banget bisa jadi bagian Daebak Team yang isinya awesome semua dan baik semuanya J

Setelah presentasi kita pun siap-siap cau ke bandara dan kita semua dikasih foto bareng seluruh GSA dan card yang menandakan kita sebagai Official GSA dan dengan karakter yang udah kita bikin sendiri sebelumnya J
Anyway, gue punya idola loh di Google. Namanya Mba Pepita, dia itu orang Google yang ngurusin Google Apps for Edu di Indonesia. Orangnya super baik hati dan imut-imut
mba pepita pake baju putih


Singkat cerita, gue dan teman-teman pun terbang ke Indonesia. Bye Singapore, Bye Google <3 Semoga kita semua GSA bisa melakukan sesuatu yang besar nih kedepannya dan semoga ilmu yang udah kita dapetin bisa digunain maksimal. 3 hari yang sangat menyenangkan dan super!!!!!!!!

Thanks Google ;)
okedeh ini post udah terlalu panjang ya kayanya. gue akhiri saja. semoga ada yang baca ya ini post hahahaha. untuk menutup post ini, gue kasih foto gue yang super gaul nih


SALAM!!! :)

10 komentar:

  1. SAMPAAAAH BIKIN MUPENG BANGEEEEEETTTT :'(((((

    BalasHapus
  2. kayaknya asik banget tuh ka :3

    BalasHapus
  3. @dhika hakakakak salah sendiri ga ikut :p

    @jennittya emang asik bangeet :)

    BalasHapus
  4. pas search di google tentang GSA ada blog ini,^_^ kak boleh tanya2 seputar GSA dan persyaratanny? klo boleh minta ym/gmail ny
    saya tertarik bgt ikut GSA,,

    thanks :)

    BalasHapus
  5. Subhanalloh sekali ... bikin mupeng beneran >,<
    But anyway, thanks for sharing your great experiences here so everyone will know more about GSA event:)

    BalasHapus
  6. waaaaah kereeen. aku sebenernya waktu itu sempet pengen apply, tapi agak ragu karna kemampuan basa inggris yang so-so hahahaha.

    BalasHapus
  7. Wahh keren banget kakakk :" Untuk jadi GSA itu apa cuma bisa dari Fasilkom aja ya? Kalau buat electrical engineering atau computer engineering apa bisa? Makasih...

    BalasHapus
  8. mbak mau tanya itu apa ajja sih video u/ GSA yg diupload ke youtube katanya isinya profil diri kita

    BalasHapus
  9. ahh kereenn.. doain aku juga bisa kaya gitu yaa

    BalasHapus