Minggu, 03 Februari 2013

Semester 5!!! UYEAH!



Hallo Bloggie world! Long time no see :)

Akhirnya semester 5 selesai. Yah sebenernya literally belom kelar sih soalnya nilai CRM gue belom keluar. But that’s okay, karena post sekarang adalah tentang bagaimana gue bersyukur dengan semester 5 :)

Mungkin yang pernah baca2 blog gue sebelomnya tau kalo tiap semester gue selaluuuuu ngeluh tentang betapa sulitnya kuliah di Fasilkom. Yeah Fasilkom, it is. Gue harus berhadapan dengan hal-hal yang gak gue sukai sama sekali. Coding, matematika belibet, rangkaian abstrak segala macem, kernel dan segala macem temen2nya yang sebenernya GA GUE BANGET! Makanya ketika masuk semester 5, dan melihat mata kuliahnya begitu cemerlang. Gue membuka pikiran dengan positif, gue bisa di semester 5!

Jadi semester 5 tuh gue ambil 7 mata kuliah. Kombistek (Komunikasi Bisnis dan Teknis), Jarkomdat (Jaringan Komunikasi Data), MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia), PO (Perilaku Organisasi),  SCM (Supply Chain Management), CRM (Customer Relationship Management) dan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Dari segi nama indah kan? Kecuali RPL sama Jarkomdat tentunya yg dari nama udah ketauan agak nyeleneh. Dengan segala kegemaran akan manajemen dan bisnis, maka lembaran semester 5 pun gue buka.

Namun ternyata, kenyataan ga segampang itu Bre!  Awal-awal semester 5, gue masih punya Computer Festival (Compfest) yang harus diselesaikan. Alhasil cabut kelas pun jadi hal biasa. Tapi Compfest kelar tepat sebelum UTS dan gue langsung tancap gas abis UTS. Dan yahhh UTS ga jelek2 amat lah hasilnya yah. Jujur, dari segi mata kuliah di semester 5 ini lah gue paling menikmati. Favorit gue tuh Kombistek, SCM, CRM. Kombistek kan dari namanya udah ketauan gue suka, SCM gue suka karena seru bgt studi kasus gitu tentang bisnis walaupun dari tengah ke akhir dia banyak trap banyak itungan. Tapi itungannya masuk akal kok. CRM gue juga suka ilmunya tapi ya sayang hm hm ya gitu deh pasti tau yang ambil CRM sih yah hehehe. Pokoknya yang gue menderita tuh Jarkomdat, secara kelasnya pagi banget! Dan RPL pas dari kelar UTS materinya udah otak coding-an bgt dan otak gue ga mampu. Huft.

Pasca Compfest kegiatan lowong, paling cuma PMB doang. Balik kuliah langsung pulang. Nonton sampe subuh, donlot-donlot, ngaso, nyampah, makan di kantin fakultas orang. Itu doang kerjaan gue. Hm gue menikmatinya, tapi kok aneh ya. Semangat belajar malah turun karena keasikan main dan bersenang-senang. Padahal dulu, ikut banyak kegiatan dan organisasi, waktu sempit dan ga banyak waktu belajar tapi rasanya niat belajar lebih “ada”. Waktu itu sempet rada-rada hopeless sih. Tapi merasa malu sama diri sendiri! Matkul semester 5 adalah matkul-matkul yang gue tunggu-tunggu sejak awal gue kuliah di Fasilkom tapi napa gini amat yeh. Akhirnya abis-abisan pas UAS deh tuh belajar (sok, padahal males juga). Disaat itu, gue nyadar. Dengan ikut organisasi/kepanitiaan, waktu kekuras banyak, pikiran apalagi. That’s why kalo ada waktu kosong lebih milih baca slide. Waktu kosong juga dikiiiiiiiiiiiiit banget. Beda dengan waktu terlalu banyak kosong, kita terlalu santai sampe keasikan dan akhirnya menggampangkan semua hal. Itu sih gue ya, gatau kalo yang lain.

Dengan adanya sedikit kesadaran itu, maka gue mulai memanfaatkan waktu di malam-malam menjelang uas. Panik karena nyadar materi banyak banget dan di kelas zonk parah. Singkat cerita nilai-nilai pun keluar dan ternyata Alhamdulillah membaik dari semester-semester kemaren. Semakin memantapkan hati juga bahwa diri ini memang untuk melakukan hal-hal geek :D

Lesson learned dari semester 5 : Gue jadi nyadar, kuliah tuh bukan cuma tentang lo kuliah, belajar, dapet nilai bagus. Tapi gimana lo bisa memanfaatkan waktu dan mencari pengalaman lebih dari sekedar kuliah. Dari awal gue maba, gue nyicipin banyaaak organisasi dan kepanitiaan. Waktu kesita banyak, pikiran juga capek. Tapi pas gue semester 5 ini, apakah gue nyesel? Jawabannya ENGGA SAMA SEKALI. Yang ada gue bersyukur sempat ikut semua kegiatan itu, nambah pengalaman dan tentunya waktu efektif buat belajar sangat dimanfaatkan. Semester 5, semester Compfest, Semester Google Student Ambassador, semester PMB. Apakah gue nyesel ikut itu semua? ENGGA! Jadi, inilah hal utama yang pengen gue syukurin dari semester 5. Selain gue menyadari apa yang gue sukai dan apa yang engga gue sukai (dalam hal matkul), gue juga jadi sadar tentang gimana manfaatin waktu.

Semangat terus! Thanks semester 5, thanks Compfest, Thanks GSA, thanks PMB :D
Welcome semester 6, welcome BEM Fasilkom 2013 :D