Rabu, 10 April 2013

Anak IT == Bikin Power Point?


Hai!

Kali ini gue mau sharing cerita “seru” nih. Sebenernya awalnya cerita ini mau gue (dan temen-temen gue yang ngalamin) mau disimpen aja dalam hati yang terdalam, tapi entah kenapa gue ngerasa kegelitik banget buat share cerita ini. Jadi yang mau ngikutin, cussss....

Alkisah pada suatu hari yang cerah, daun-daun segar tumbuh dan bunga pun merekah. Menambah indahnya matahari pada Rabu itu, gue dan 3 teman gue sebut saja namanya M, Na dan Sh sedang berpetualang di daerah HI. Kami berjalan dengan riang gembira dan tiba-tiba kepikiran buat mampir ke satu Kementerian buat nanya-nanya tentang kerja praktek. Anyways, di semester 7 nanti kita bakal dapet mata kuliah wajib Kerja Praktik (KP), which means mulai dari sekarang harus mulai cari tempat KP dong yah. Kementerian yang kami kunjungi adalah Kementerian yang sangat erat kaitannya dengan fakultas kami yaitu Computer Science, tapi namanya versi bahasa lain gitu deh ya pokoknya gitu heheh. Dari mulai depan sampe masuk ke bagian kepegawaian, semua baik-baik saja. Bapak security dan yang nyambut tamunya pun ramah-ramah, canda-canda sok asik gitu deh kita berempat kan ya. Lalu ternyata kalo mau nanyain tentang KP, ada gitu ibu-ibu yang emang ngurusin bagian itu.

Singkat cerita, Ibu tersebut, sebut saja IC (Ibu CANTIK) menemui gue dan temen-temen gue di ruang tunggunya gitu. Dari awal mukanya udah ga enak dan dia ngedumel.

                “Duh saya udah ada janji nih? Mau bulan apa sih? Udah penuh nih”

Terus salah satu dari kita jawab dengan ramah banget dong kan ceritanya butuh info banget nih.

                “Kita bisanya dari Juni pertengahan sampai Agustus, Bu. Dari kampus emang kayak gitu”

Yaudah abis itu IC masuk lagi ke ruangannya. Kita nunggu lagi di ruang tamu, ada kali 15 menitan. Pas nunggu ada mas-mas gitu pegawai sananya juga. Baeeeek dan ramah gitu, gue sih jadi agak positif gitu pikirannya soalnya orangnya disana baik-baik, bahkan satpamnya pun asik abissss ngakunya sering ngegaul di daerah UI dan sekitarnya B-)

Terus cus abis itu, IC keluar lagi...

                “Kalian lain kali jangan dateng jam segini ya. Saya udah ada janji sama postel. Saya sebenernya agak marah nih ya sama kalian”

...................... yeuh mana kita tau.

Oh okay, IC lagi banyak kerjaan. Huft, nafas, tenang, keep calm and carry on. IC ngomong lagi deh, oh ya nada ngomongnya tinggi banget loh ya. Ga nyante abessss.

                “Kalo mau Juni-Agustus, gak bisa. Udah ada yang magang dari 17 Juni-17 Juli. Kalo kalian mau dari 17 Juli-17 Agustus aja. Oh ya, kalian bisa POWER POINT gak? Nanti magangnya kalian BIKIN POWER POINT GITU”

JENG JENG. Bumi gonjang ganjing bro. Bikin power point bro! Gue dan temen gue, SH, langsung liat-liatan. Pengen langsung keluar aja, udah deh case closed aja gini mah. Trus IC ngomong lagi, auk dah lupa gue dia ngomong apa. Pokoknya ga nyante aja judulnya. Gue dan temen-temen gue pun mencoba meluruskan. Gue ngomong,

                “Bu, 17 Juli-17 Agustus kan 4 minggu. Kalo 6 minggu ga bisa Bu?”

                “Haduh sak karepmu aja ya”

JENG JENG. Gue nanya doang kok bisa atau engga 6 minggu, kok jawabannya gitu ya hihi. Gue jelasin lagi,

                “Emang regulasi dari kampusnya gitu Bu. Kita kan ngikutin regulasi kampus. Oh iya, magangnya ga bisa bidang lain Bu. Kami mahasiswa SISTEM INFORMASI, IT Bu. Kami gak belajar bikin POWER POINT tapi kami belajar pengembangan sistem”
IC pun kembali menjawab,

                “Ya adanya gitu. Saya udah bantu nanya ke bagian *apa gitu gue lupa namanya” mereka itu butuh banyak bikin POWER POINT. Jadi nanti kalian ya bikin POWER POINT itu. Kalian harus siap lah disuruh kerja gitu. Gak boleh kerja milih-milih tuh”

Nafas dulu. Keep calm and carry on.

Salah satu dari kita jawab,

                “Tapi kita kan ada regulasi kampus Bu. Karena kita based-nya IT, kita juga punya batasan apa yang boleh dan gak boleh dilakukan pas KP. Kami harus implement ilmu yang kami dapetin di kuliah”

Pas itu, gue ngareeeeeeeeeeeeep banget dia jawabnya bisa rada lunak. Tapi ternyata jawabnya,

                “Eh saya tuh juga mahasiswa ya, ngerti saya. Tapi ya adanya itu, nanti kalian juga input data *data apa nih* Saya tuh lulusan Komunikasi Politik, saya juga dulu mahasiswa ngerti lah saya”

HUFTNESS-nya udah OVERLOAD. SH udah berkali-kali bilang “Oh gitu yaudah deh Bu” Pengen langsung pergi aja emang dari tadi :’)

Terus salah satu temen gue nanya,

                “Tapi nanti kerjaannya itu cuma bakal gitu Bu? Bikin POWER POINT itu?”

Nah pas temen gue ngomong gini, gue nyenggol kaki dia. Maksudnya yaudah kita mengalah gausah nanya lagi gitu karena speechless-nya udah level dewa banget hahahahahahaHUUFT. Terus IC bilang,

                “Eh kenapa kamu kasih-kasih kode di kaki?”

Etbusetttt ngeliat aja dia hahaha LOL!!! Dia lanjut ngomel,

                “Kalian tuh ya ga boleh pilih-pilih kerjaan, kalo nanti pilih-pilih kerjaan pas tes PNS ga bakal keterima kalian itu. SAYA INI PANITIA PENERIMAANNYA LOH”

HAHAHAHAHAHA MAKIN KOCAK! Terus kenapa Bu kalo Ibu panitianya? There’s nothing to do with it gitulohhhh. Orang kita nanya KP trus udah susah-susah belajar mau mati di Fasilkom UI trus disuruh bikin POWER POINT gimana kaga gondok? Napa jadi urusan tes PNS.

Abis itu udah deh, kita mencoba menolak dengan tenang dan dia bilang kalo ga mau kerjaan ITU yaudah dia gabisa BANTU. Kita akhirnya ngalah dan bilang YAUDAH BU, GAPAPA.
IC pergi dan tetep ngedumel-dumel. Pas dia udah turun pake lift, gue usahaaaaaa banget buat ga kesel disitu. Cuma as usual, karena ini adalah gue. Maka gue pun kelepasan ngomel-ngomel disana,

                “POWER POINT WOOOOOOOOOOOOOOOOY. BAYANGIN!”

Temen gue nimpalin,

                “Yaelah POWER POINT mah gampang. Kalo mau gue bikinin pake Prezi, pake Flash sekalian noh. HUH”

HAHAHAHA. Trus temen gue lagi nimpalin,

                “POWER POINT mah gue jago banget. Mau bikin kayamana dia itu? Sini gue bikinin. Tapi gak gitu juga KP gue weh” *dari gaya ngomongnya langsung tau pasti ini siapa, hahhaa”

Terus gue nambahin,

                “Tar gue kasih motion POWER POINT nya yang muter-muter. Gue non-stop-in muter-muternya biar enak noh liatin POWER POINT muter”

Udah deh akhirnya sesi jalan-jalan sisanya kita heboh dengan tragedi kocak POWER POINT ini.

Satu hal yang bikin gue heran banget adalah. Kementerian yang kita samperin adalah Kementerian yang related banget sama bidang kita. And sorry to say, kita mahasiswa dan kita anak Fasilkom UI. Ga seharusnya dia memperlakukan kita dengan ga beradab gitu. Kita dateng baik-baik, sambil senyum, nanya. Tapi kita diperlakukan kayak orang ga berpendidikan. Mentang-mentang kita “masih” mahasiswa? Tapi tetep sih paling kecewanya karena Kementerian ini adalah Kementerian yang menyandang nama jurusan kita, dan gue expect pegawainya bisa AT LEAST tau lah anak IT/IS tuh ngapain kuliahnya. 4 tahun kuliah susah-susah, nangis-nangis ngerjain tugas, ngubek-ngubek kodingan dan database, pake SAP dan belajar tentang bisnis dan manajemen IT and you expect us to make your LOVELY POWER POINT?

Thank you, IC *keep calm and carry on*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar