Minggu, 06 Oktober 2013

Tahun Terakhir (Edisi Kuliah)

Seinget gue, dulu awal blog ini dibuat adalah waktu jaman gue baru masuk UI. Jaman masih bangga-bangganya pake Jakun (Jaket Kuning) dan bawaannya pengen mamer tuh jaket mulu :)) Ceritanya gue mau bikin blog yang rada serius gitu.... kan ceritanya mahasiswa :') Maklum dulu blog gue yang sebelum ini yah gitudeh dengan tulisan yang agak susah dibaca (alias alay). Tapi ujung-ujungnya tetep aja blog ini gue pake buat nyampah dan curhat ga penting soal kuliah. Yaudahlah yaaa.....

Kalo blog ini dibuat ketika maba, artinya sekarang blog ini umurnya udah 3 tahun lebih. Serius deh ga kerasa banget. Pas gue nyadar kalo maba 2013 udah pada masuk dan kampus gue udah berasa tempat asing karena udah banyak yang ga gue kenal dan makin penuh aja tuh rasanya kampus, gue pun menyadari kalo gue udah tua :""""") Jadi wacananya sih gue mau sok lulus 3,5 tahun gara-gara SKS gue nanggung banget gitu sisa 24 sks. Yah kalo tiba-tiba labil yaudah lulus 4 taun aja lah selo :D

3,5 tahun di kampus kesayangan alias Fasilkom, hal yang paling penting yang gue sadari adalah gue jadi tau apa yang gue suka dan apa yang gue gak suka. Gue punya suatu penjelasan singkat mengenai Fasilkom (yang dimana penjelasan ini juga sering gue bilang ke maba yang ngajak kenalan).
Bagi gue, Fasilkom itu:


  • Tahun Pertama : Masa-masa nangis, ga sanggup nerima kenyataan. Mata kuliah susah, ngoding empot-empotan. Hasrat buat ikutan ujian masuk UI (lagi) begitu bergelora.
  • Tahun Kedua : Masih nangis-nangisan, walaupun udah ada mata kuliah yang manusiawi (kalo edisi anak SI/Sistem Informasi, ya matkul yang manajemen gitu gitu deh). Pengen keluar tapi udah keasikan sama organisasi. Pergalauan abadi.
  • Tahun Ketiga : Disebut juga Tahun YAUDAHLAHYAAAA. Udah ngerasa tua dan udah memasuki fase penerimaan terhadap keadaan hidup. Tapi surprisingly, matkulnya ternyata ASIK! Semuanya SI banget dan disinilah gue merasa sebagai mahasiswa SI yang sesungguhnya.
  • Tahun Keempat : Udah tua dan matkul rata-rata udah matkul pilihan jadi bisa sesukanya. Frekuensi di kampus mulai jarang karena ga ada rapat organisasi yang begitu nyita waktu kayak tahun sebelumnya. Fase menyiapkan diri sebagai Sarjana Komputer
Dan sekarang di fase tahun keempat, gue jadi beryukur banget gitu loh kuliah di Fasilkom (ciyeee). Kenapa? Karena sebelumnya gue gatau kalo ternyata di balik layar ada kegiatan seru kayak yang dilakuin sama anak Fasilkom (atau anak SI). Project Management, business analysis, ERP dan SAP etc etc gitu ternyata seru loh ternyata. Gue juga jadi tau kalo gue memang engga cocok buat ngoding, buat bikin aplikasi dan segalanya yang "sulit" itu wkwk.

Tapi tetep aja, ga kerasa banget gitu ya waktu jalannya. Kok tiba-tiba umur gue udah 21. Kok tiba-tiba gue udah mau lulus aja. Kok tiba-tiba gue udah mulai cari lowongan kerja. Rasanya aneh gitu. Soalnya di otak gue, gue masih berpikir bahwa gue adalah bocah dan masih ngarepin duit dari orang tua tiap bulannya. Rasanya fase perubahan ini berlangsung secara tiba-tiba (huft apasih).

Selain itu, makin banyak aja orang yang nanya "Nil, lo mau jadi apa?". Kalo jaman SD sih enak ya jawabnya, tinggal jawab "Ingin menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa". Ya sekarang gue juga masih mau sih jadi orang yang berguna jadi nusa dan bangsa :') Tapi masa gue bilang gitu ke mamak gue bisa disembur kan fufufufu. Yah intinya gue mau kerjaan yang berhubungan sama IT, bisnis proses, consulting dan pokoknya yang seru-seru! YEAAAAAAAAAAAAH! dan yang penting gue mau traveling, traveling dan traveling! (aamiin ya Allah). Sebenernya gue punya suatu mimpi besar sih di kepala gue, tapi biarkan dia ada di kepala gue selagi gue berjuang untuk meraihnya! (ezik kan gaya gue).

Rasanya postingan ini sudah begitu random :s Ga sabar pengen nunggu besok, besok dan besoknya lagi. Ngeliat gimana gue dan dunia akan bekerja sama :D So, what's next?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar