Sabtu, 23 Januari 2016

[DAY 1] My First South Korea Trip!

Sebenernya udah lama banget mau nge-post tentang trip ke Korea ini, tapi ya namanya juga idup pasti banyak wacana lah yaa :") Akhirnya sekarang muncul juga moodnya setelah tripnya udah lewat 8 bulan yang lalu! LOL.

Jadi gue ke Korea sama temen gue Rahma (iya, berdua doang tanpa tour guide), berangkat 10 Mei dan balik ke Jakarta lagi 20 Mei 2015. Gue berangkat naik Garuda Indonesia yang superrrr pewe tentunya pas lagi promo tiket jadinya PP dapetnya 5.5juta all in. Tiket dibeli bulan Februari. Pas beli tiket ini drama juga sih soalnya pas beli lupa masukin nama tengah Rahma jadinya mesti kena penalti 600ribuan #YHA

Sebelum berangkat, gue bikin itinerary sendiri dari modal baca blog-blog orang dan mengunjungi website Visit Korea yang sangat sangat helpful. Visa juga ngurusnya gampang-gampang aja. Pokoknya penuhin aja semua syaratnya dan pasti keterima! :D

Hari Keberangkatan - 10 Mei 2015
Kita berangkat dari Jakarta jam 23.30 dan itu pesawatnya bagian belakangnya kosong, jadinya gue jalan ke belakang dan tidur pewe di 3 kursi yang kosong HEHEHE. Makanannya juga enak, film-film di in flight entertainment-nya update. Kalo emang budget mencukupi, naik Garuda aja udahhhhh.. Apalagi dah dapet free bagasi 30kg. Buat cewe-cewe gue bilangin nih ya, gausah belagu gak beli bagasi ke Korea. Ga mungkin ga belanja :p

Day 1 - 11 Mei
Pas nyampe Incheon, hal pertama yang kita lakukan adalah.... Foto-foto :) bagus banget ini bandara sumpah, ga salah berapa tahun berturut-turut jadi juaranya bandara paling oke sedunia. Setelah itu, langsung ke 7-11 beli simcard (YANG MAHAL BANGET, tapi emang mesti beli sih) dan beli t-money buat naik subway. Setelah itu kita langsung menuju ke stasiun subway. Jangan khawatir gatau jalan atau gimana karena direction-nya tuh bener-bener jelas semua. Gue sama Rahma langsung top-up T-money dan naik subway buat menuju ke Guesthouse kita di daerah Chungmuro (deket Myeongdong). Biar ga rempong disana googling-googling, pastiin di itinerary nya udah ada direction se-detail belokannya dimana, jalan berapa jauh blablabla. Dan akhirnya kita pun nyampe di Gom Guesthouse yang lucuuuuuuk bgt!

Untuk guesthouse ini sendiri, gue pilih kamar Double yang semalemnya sekitar 400an (lupa pastinya) dan udah include sarapan. Kamarnya ga terlalu gede tapi okelah dan karena kamarnya ga gitu banyak jadinya bisa interaksi kenalan-kenalan juga sama tamu lain. Gue booking di Agoda waktu itu.

Abis naroh barang, dengan semangat 45 kita langsung jalan-jalan. Padahal cape dan ngantuk tapi udah di Korea, bodo amaatt~~ Tujuan pertama adalah Gyeongbokgung!

Kalo mau ke Gyeongbokgung, jangan lupa liat jadwal pergantian prajuritnya yaa. Karena seru deh liat ada kaya ceremony-nya gitu. Waktu itu gue liat ceremony yang jam 11an siang. Dari Gyeongbokgung, nyebrang jalan dan udah sampe ke Gwanghwamun Square. Di Gwanghwamun Square ini ada Kim Se Jong (yang bikin Hangul/Alfabet Korea) Statue juga.

Setelah itu, tujuan selanjutnya adalah Bukchon Hanok Village. Kalo katanya google sih deket, tapi pas udah nanya sama Tourism Police (wow bgt kan ada polisi buat turis segala), katanya mending naik taksi daripada cape. Yodahdeh akhirnya naksi. Oiya gue sama Rahma sempet foto sama abang2 polisi turisnya karena dia....... ganteng hahahha *tetep alay di negara orang*

Di Bukchon Hanok Village ini kita keliling-keliling ngeliatin rumah-rumah tradisionalnya (Korea) dan akhirnya nyasar karena heboh nyariin spot tempat syuting EXO disini tapi tetep ga nemu :| setelah nyasar tau amat kemana akhirnya terselamatkan dengan orang-orang Korea yang baik hati dan mengerti bahasa inggris :")

Lanjut ke Namsan Tower buat tujuan selanjutnya!

Di Namsan Tower ini, kita juga naik ke Observatory-nya dengan dapet diskon dari website Visit Korea. Karena datengnya pas lagi musim semi mau deket ke summer, ya jadinya pemandangannya kaya Jakarta gitulah yaa kurang lebih tapi edisi adem hahaha tapi tetep bagus bgtttttt kok! jadi disini bisa liat view kota Seoul <3 Pas kita sore disini, tiba-tiba ujan lebaaaattttt banget sampe malem jadinya stuck nungguin di salah satu restoran disini :( Padahal awalnya pengen naik cable car-nya.

Setelah nungguin 2 atau 3 jam-an gitu, akhirnya nekat lari nembus ujan (walau pake payung tapi tetep basah kuyup). Dan lupa ini bukan Jakarta yang kalo ujan yaa dingin dingin dikit. Ternyata pas gue googling, suhunya udah 12derajat. Kita basah kuyup dan menggigil parah (akibat sotoy). Tapi karena di Korea, tetep bahagia!! Akhirnya setelah basah-basahan, naik bus dan balik ke guesthouse :)

Ini recap Day 1.

More stories?
Day 2 & 3: Fangirling Day and Theme Park Daaay in Korea
Day 4 & 5: Hongdae, Gwanjang Market, Nami Island and Petite France
Day 6 & 7: Nanta Show, VIVA POLO, Exploring Dongdaemun, Hangang Park and Hanwoo in Korea!
Day 8 & 9, Last Day: Seoul Mosque, SMTOWN@Coex Artium, Insadong, Free Hanbok, Ihwa Mural Village and JIMJJILBANG